Monday, July 30, 2007

Homestay Trip Part VI

Waaah.. ga kerasa.. akhirnya minggu ke-3 pun udah terlewatin. Tinggal beberapa hari lagi aku di China, Guang Zhou. hehe.. masi belum jelas sih kapan bisa pulang. Soalnya aku pulangnya dijemput sama Kuku(bibi).. truz katanya sih popo (nenek) ku juga mau jemput, skalian jalan².. ^-^
Hari Sabtu kemarin, dari pagi sampe siang di rumah aja, istirahat. soalnya, malemnya kita mau naek perahu liat² pemandangan. Guang Zhou nie, punya satu sungai yang panjang banget.. di sini sih disebutnya Cu Ciang.. ga tau de kalo bahasa Indo/Inggrisnya apa.. *maklum.. dah ga belajar Geo.. hehe..* Nah sungai nie, panjangnya dari timur sampe ke barat. jadi sungai nie ngebelah Guang Zhou jadi kayak 2 pulau kalo di peta, malah 3-4 pulau rasanya. Nah trus ada 7 jembatan di atas sungai ini..
Truz dari rumahnya Ai, bisa ngeliat 1 jembatan *walo ketutup gedung² sampe cuma keliatan 1/8 nya*, tapi kalo malem keliatan bagus banget. ada lampu² gitu, n' lampunya bisa ganti².. ^^
Nah, karena Ai nya tau aku suka banget ngeliat tu jembatan, jadilah dia mengajak aku naek prahu malem². Soalnya prahu nie emank biasanya buat turis gitu.. prahu nya ngitarin sepanjang sungai, jadi bisa liat 7 jembatan tuh..
Jadi, sekitar jam 4.30, aku, Ai, Suksuk keluar rumah n' naek bus ke jalan yang namanya Sha Mien Lu. truz kita beli tiket perahu yang jam 8 malem. Abis itu Ai nya ngajak ke 1 tempat, masi di jalan Sha Mien Lu.. daerah ini isinya rumah² jaman dulu.. duluny ditinggalin sama orang² luar negri, kayak Thailand, Perancis, dll.. jadi rumahnya juga palingan 2 lantai gitu.. (sayangnya aku ga foto..hikz..) abis itu di dalemnya ada 1 hotel, gedeeee banget.. bintang 5. banyak banget orang luar negri yang nginep di sono. kebanyakan tuh bule², sambil bawa anak. makanya, di deket hotelnya ada satu taman, trus ada patung turis sambil bawa gerobak bayi gitu. hehe..
Di sono sih sempet potret² bentar, tapi berhubung pake kamera yang agak butut, alias masi pake film, jadi ga bisa dimasukin ke komp.. sekarang sih, lagi berpikir, mau di scan aja ato di foto pake hp.. hehe..
Abis itu kita makan di restoran di deket sono.. hmm.. restorannya sih terkenal banget di Guang Zhou sama di Hong Kong. restoran nie, yang buka orang Thailand, dan sebagian besar makanannya makanan Thailand. kalo di sini, nie restoran gedee bangeet. dah gitu dibagi 3 tempat (dulunya 1 tempat, trus buka cabang lagi kali yah di daerah yang sama?). yang special di sini sih burungnya (tapi kayaknya rasanya sama aja ma resto laen. huhu..) sama desert nya.. kayak santen dgn buah gitu (kolek?) trus tempatnya bukan mangkok biasa, melainkan pake patung kodok gitu. lucu de. hehe..
Nah abis itu kita jalan² bentar di sekitar sungai. bagus banget pemandangan di sana.. banyak orang yang makan di resto di pinggir sungai, ato cuma duduk² (disediain bangku banyak cuma buat duduk).. dah gitu, smua pohonnya dikasi lampu warna ijo.. jadi terang gitu..
Truz jam 8, kita naek perahu.. trus di prahu aku potret² de. tapi ga potret akunya. haha.. soalnya kapalnya geraknya cepet banget. sedangkan kalo kameranya di set night mode, khan diemnya mesti lama.. Alhasil, gambarnya jadi agak jelek² gitu de.. jadi ga mungkin khan foto orang. huhuhu.. Di perahu sekitar 1,5 jam.. abis itu kita langsung pulang naek bus.. huhu..
Hari Minggu nya, kita ga tau mau ke mana.. tapi akhirnya, siang kita pergi ke bagian baratnya Guang Zhou. katanya dulu sih daerah ini bukan termasuk Guang Zhou.. ntah kenapa (maksudnya, karena gak ngerti Ai nya ngomong apa) jadi gak tau de kenapa sekarang jadi termasuk Guang Zhou.
Nah daerah ini, kebanyakan rumah² penduduk n' pabrik gitu. Mall ny cuma 1, n' palingan cuma kios² kecil gitu.. Aku sama Ai pergi ke mall nya.. di sono sih kayaknya gak ada apa² gitu.. cuma terdiri dari 3 lantai.. and 2 lantai di atas, dipake buat supermarket. katanya Ai sih supermarketnya, yang buka orang Jepang. tapi ni supermarket, kayak Carrefour gitu, cuma jauh lebih gede. bener² ngejual apapun di sana.. dari TV, telp, DVD player, stasionery, perabotan mobil, bola basket, sepeda, perabotan rumah, n' bahkan sprei dll.. trus 1 lantainya lagi, baru supermarketnya, jual makanan dll gitu.. bener² gede de.. dah gitu barangnya juga murah².. aku dari yang ga mo beli apa² sampe ngeborong lagi di sana. haha..
Truz abis pulang, aku ngeberes²in koper.. gile.. koperku ampir ga muat.. T____T
sebagian besar sih keisi sama baju n' clana.. salahku sih, waktu berangkat bawa celana jeans 2.. padahal di sini jarang pake clana jeans. dah gitu beli lagi celana jeans 2 buat dd. huhuhu.. dah gitu 1/4 nya keiisi sama showercap. hahaha..
Truz malemnya, si mama katanya mau telp.. mau ngebicarain kapan pulangnya.. tapi sampe malem ga di telp².. sampe jam 11 di sini (jam 10 di Jakarta) tetep ga di telp.. huhuhu.. Padahal khan mau tanya gimana nasib koperku yang dah mo meledak itu. =P
Truz pagi ini, pas makan siang, si Suksuk bilang, "Tinggal di sini aja.. Kita khan ga ada anak cewe.."
Aku bilang, "Er.. biar cewe juga tapi ngga ngebantu bersih².. Apa gunanya.. huhu.."
Suksuk bilang, "Soalnya kalo ada anak cewe, ni Ai pasti pergi² mulu, blanja dll. kalo gak ada anak perempuan kerjanya cuma tiduran sambil nonton tv. hehe.."