Thursday, July 12, 2007

Homestay Trip Part III

Huaa.. akhirnya bisa buka internet juga.. di warnet sini. tapi ntah kenapa gak bisa buka aku punya blog, juga smua blog yang laennya. makanya aku gak bisa blogwalking.. sorry banget yah.. hikz..

n' btw.. rasanya kmrn aku salah tulis tanggal. hihihi..

Lanjutin ceritanya...

Hari Senin yang lalu, 9 Juli, khan aku sempet buka internet di rumah kuku ke-2 ku. truz jam 11 kita naek bus ke stasiun. deket sih stasiunnya. ternyata tuh keretanya jam 12.30. n' gate nya baru dibuka 45 mnt sebelumnya. abis itu kita makan dulu. sekitar jam 12 lewat, gate buat menuju ke keretanya baru dibuka. kita langsung masuk. hoki banget tempat duduknya di belakang, deket wc (walaupun akhirnya kita gak ke wc sih). hehe.. oh ya, aku ke Guang Zhou bareng kuku ke-2 ku. perjalanan ke sono sekitar 1 jam lebih. jadi jam 2 dah sampe.

Abis lewat imigrasi, kita langsung keluar, n' dijemput sama Ai (tante gitu) n' Suk² (om) yang rumahnya bakal aku tinggalin. Abis keluar dari imigrasi (masih di dalam stasiun) kita langsung menuju ke kereta laen, MTR, kereta bawah tanah yang jalannya cepet. Karena ini stasiun jauh banget dari rumahnya, jadi kita mesti ganti MTR lagi buat nyampe rumahnya. Trus naek taxi juga bentar. Taxi di sana murah" lho. di Indo bisa 15rb, sedangkan di sono cuma 9rb Rupiah. huhu..

Truz sampe di sana aku belajar bentar, maksudnya Ai ngasih buku pelajaran gitu, yah kayak les mandarin gitu lha.. abis itu kita istirahat bentar. Kuku ke-2 ku bobo, tapi aku ngga bobo. Jadi Ai nya ngajak aku jalan" sekeliling rumah. Deket rumahnya banyak rumah" laen. yah kayak kompleks perumahan gitu. tapi di sana bukan satu pemilik. bangunannya beda". Tapi apartment smua. ada yang baru ada yang lama. yang lama sekitar cuma 3 tingkat gitu. trus di deket sono ada sekolahan. nah Ai ku itu ngajar di sono, tapi skrg lagi libur. ntah kenapa dia libur, tapi murid" yang laen (kecuali kls 3 nya - dah lulus) masih pada sekolah. minggu besok mereka baru libur sampe bulan 9.

Abis jalan" bentar, kita ke restorant. abis itu kuku ke-2 ku sama Suk" dateng, abis itu gak lama juga anaknya Ai n' Suk" juga dateng ikut makan. Abis itu kita jalan" bentar. Di sono banyaaaak banget anjing! lucu" de. kalo malem pada dibawa keluar jalan". bener" banyak. Sejalan itu aku bisa nemu 20 anjing kali. hohoho..

Abis itu kita balik ke rumah. ngobrol" bentar trus tidur.. Walau rumahnya biasanya gak pake AC, untungnya malem pake AC tidurnya. jadi bisa tidur tenang de. malah sampe kedinginan soalnya langsung kena AC. huhu..

Bsknya.. pagi" dibangunin. Dibeliin makanan.. Truz abis itu khan belajar lagi. ada bbrp yang gak ngerti, aku nanya, Ai nya juga gak bisa jelasin. khan dia gak bisa bahasa Indo gak bisa Inggris juga. huhu.. Sampe stress ndiri aku. ampir mau nangis. eh gak lama nangis beneran. air mata bisa ditahan. tapi air hidung ingus gak bisa ditahan. hasilnya, yah dikira aku pilek. hahaha.. abis itu, kuku ku liat aku keluarin air mata. tapi dia pun tak menyadari kalo aku nangis, dia kira aku kalo pilek keluar air mata. pas ditanya, yah gengsi lha gitu kalo ngaku nangis, jadi iya in aja kalo aku kadang" emank kalo pilek keluar air mata. hahaha.. ngga tau kenapa emank hari itu rasanya aku lagi sensitif. gak tahan mau nangis mulu. bawaannya kangen gitu de.. mana SMS ma telp khan mahal. dari INdo juga gak ada yang nyariin aku. huhuhu.. Takut juga sih.. abisnya stress juga ngomong sama mereka banyak gak ngertinya, aku juga banyak yang gak tau kata"nya. pusing deee..

Truz abis makan siang, kuku ke-2 ku balik ke Hong Kong. duh sedih banget de. untung aku disuruh tidur, gak usah ngikut nganterin ke stasiun. jadi abis bangun tidur mendingan lha.. walopun agak pengen nangis juga sih. abis itu aku cuma nonton TV. pas makan malem, anaknya mereka dateng ke rumah mereka (anaknya tinggal di laen tempat, walo rumahnya masi deket sih) buat makan malem bareng. abis itu aku diajak jalan bentar. ke Carefour.. nyebrangnya ngelewatin jembatan. agak gede sih, di sono ada beberapa orang yang jualan di jembatan situ. Trus malemnya abis ngobrol" bentar, baru mandi, trus bobo de.

Hari Rabu, 11 Juli, seperti yang dijadwalkan, jam 9 aku dibangunin. truz abis mandi, makan pagi. makan paginya sih aku cuma minum susu aja. trus ditawarin apel. abis itu belajar lagi. abis itu aku maen sudoku aja de. walopun hari ini agak sedih juga tapi dah gak keluar air mata. hehe.. abis itu aku makan siang. bener" enek banget. gak tau kenapa. bawaannya enek + gak laper. apa karena apel itu yah?

Jadinya, Ai ngajak jalan. Kita naek bus. Guang Zhou nie dibagi sama 1 sungai. gak tau de namanya Sungai apa. panjang banget. ngebelah Guang Zhou jadi 2, utara n' selatan. daerah rumahnya mereka tuh di bagian selatan. Bagian selatan jauh lebi kecil daripada bagian utara. yah jadi kyk bagian selatan tuh lebi ke "pinggiran kota" gitu de. Kita naek bus, nyebrang sungai, pergi ke jalan, namanya Beijing Lu. nie jalan agak terkenal sih, banyak turis, dulu aku sama keluargaku juga pernah ke sini. kita jalan" ke mall dll trus jam 2 aku diajak minum teh (dim sum gitu), soalnya khan dia pikir takut aku laper karena siang aku bener" makannya cuma dikit. abis itu selama perjalanan di bus, Ai juga bikinin aku jadwal sehari".. yaitu:

1. Pagi jam 9 bangun, mandi n' makan pagi (minum susu).
2. Jam 9.30-11.30 belajar.. (sebenernya sih paling cuma 1 jam an.)
3. jam 12 makan.
4. Jam 2-4 maen ke warnet (tiap hari senin, rabu, n' jumat)
5. Jam 6 makan malem
6. Malem belajar gambar (Suksuk ku pinter ngegambar..)
7. Jam 11 bobo.
8. Hari Sabtu Jalan".

Abis pulang dari jalan", sekitar jam 3.30 sore. abis itu langsung dibawa Ai ke salon terdekat. kramas. murah banget lho.. di salon itu kramas cuma 5000 rupiah. abis itu kramasnya tipikal Chinnese banget. Soalnya kita dikramasinnya sambil duduk, bukan tiduran. jadi duduk di bangku yang biasa buat potong rambut gitu. orang" sono hebat banget lho dalam hal ini. sampoo nya gak ada yang jatoh".. yah emank ada sih beberapa butir yang mencuat ke mana". irit air banget, cuma pake dikit air. tapiii, sampoo ku langsung ludes, alias banyak banget dipakenya. huhu.. Abis itu, cuci bersih rambutnya yah baru tiduran gitu de. n' gak kerasa banget dah ampir 1 jam di sono. trus SukSuk ku yang jemput, jadi mereka ngobrol lama banget baru de jam 5 pulang. abis pulang, aku lanjut maen sudoku lagi sambil sekali" ngelirik TV. abis itu kita makan malem, trus aku maen sudoku lagi sambil ngobrol. Hari itu aku mayan seneng. Soalnya aku dah bisa ngomong sama mereka. walopun masi banyak gak ngertinya, tapi dah mayan nyambung lha.. dah gitu juga aku dah mayan afal beberapa benda dalam bahasa Mandarin. hehe..

Oh ya, lupa bilang, untung banget Suksuk ku bisa bahasa Inggris. walopun ngomongnya kacau banget (gak bisa denger aku) tapi vocabnya dia tau banyak banget. jadi pas slama belajar atopun ngobrol kita sering pake bahasa Inggris. Aku paling seneng ngobrol sama Ai nya. apa mungkin karena dia guru ato gimana lha gitu, tapi dia cepet ngerti aku ngomong apa. sedangkan Suksuk nya rada gak ngerti, walopun dia bisa Inggris. dah gitu, sebagaimana orang tua, mereka suka ngulang apa yang mereka katakan. enak sih, aku jadi tau n' bisa ngapalin (walopun besoknya lupa) kata" itu.. tapi sebelnya, aku ma Ai dah ngomong sampe mana, eh tiba" si Suksuk ngulang lagi ngomongan yang tadi. dah gitu dia lebi sering pake bahasa Inggris.. padahal aku tau bahasa Mandarinnya n' emank khan mau belajar bahasa mandarin..

Truz di Guang Zhou ni smua pake bahasa Cantonis. kalo ngobrol jarang banget pake bahasa Chinese. oleh sebab itu, kalo kita belanja sesuatu dll, mereka pake bahasa CHinese, trus Ai nya terjemahin ke bahasa Mandarin, trus mereka (si penjual) langsung nanya de.. n' seketika itu juga tahulah mereka kalo aku bukan orang Chinese (aduh.. wajah tak bisa menipu yak! haha..)

Nah, hari ini, Kamis, 12 Juli, aku seperti biasa bangun, mandi, n' minum susu, trus belajar de. abis itu kita pegi makan ke restoran. abis itu kita cari" warnet, sampe jauh banget. setelah dapet 1, Ai ku telp ke orang (ntah siapa) ternyata di daerah rumahnya ada warnet. jadilah kita balik.. dah jauh, panas lagi. huhu.. Nah skrg.. yah aku di warnet ini. hihi.. mencoba telp pake Skype, chat MSN (sayang gak tau kenapa Yahoonya gak bisa dibuka). tapi yah gt.. aku buka blogger bisa, tapi ntah napa pas buka blogspot nya gak bisa. aneh dee..

Oh ya, kita di sini jorok"an lhoo.. maksudnya, orang" di sini mandinya tuh malem. yah abis makan malem gitu. jadi keringetan sekalian baru mandi. di rumahnya dia gak pake AC, pake kipas angin doank. malem bobo baru nyala AC. kalo kata kuku ke-2 ku, jeleknya orang CHina yah gini, air ledeng mati tapi gak mo dibetulin. wastafel n' closet nya tuh gak ada air. jadi mesti ngambil air dari kran. susah banget de kalo mau pup. nyiremnya brabeee banget!

Truz juga.. hari ini.. ternyata aku beneran pilek! hahaha.. gawat".. tapi sih itu karena kipas anginnya langsung diarahin ke aku. jadi pilek dee..

Hari sabtu nanti, aku mau dibawa naek gunung.. yah.. semacem turis kali yah. yah moga" aja aku betah de di sini.. hik.. walopun sekarang baru hari ke-4.. aku bener" rasanya dah seminggu lebih di sini. pengen cepet" pulang.. ato di Hongkong aja juga gak papa kok. huhuhu..

Oh yah, sedikit perbandingan antara di Guang Zhou ma di Indo. mirip lhoo.. cuma bedanya, di sini lebih teratur. walopun haltenya gak seteratur HongKong, tapi tetep bus nya berenti di halte, gak kayak di INdo, metromini bisa berenti sesuka hati! trus yah bedanya di sini banyak sepeda, sedangkan di Indo banyak motor. di sini motor gak dikasi.

Kalo sekolah, Chinese sama kayak Indo. ada SD, SMP, SMA, bahkan kuliahnya pun 4 tahun. mereka mulainya juga jam 7 (apa jam 8 yah? lupa juga. hehe..) trus jam 12 mereka istirahat. jam 2 baru mulai pelajaran lagi sampe jam 5. enak lho, mereka istirahatnya bole keluar", pegi".. yah kayak pulang skl gitu. Trus baju seragam mereka beda lho sama kita. baju seragam mereka tuh bener" kayak baju OR nya kita. haha..

Trus selain cuci rambutnya murah, aku potong rambut poni doank pun murah. cuma 3ribu. hihii..

Nah.. sekarang, aku di warnet ditungguin sama Suksuk ku. mungkin soalnya Ai ku takut aku digoda cowo" di sini ato gimana kali. hahaha.. makanya, sekarang aku mau off aja. gak enak suksuk ku dah nungguin kira" sejam kali. huhuh..

Akhir kata, maap banget yaah.. blm bisa blogwalking.. hikz.. bisa kebuka oggix nya, tapi gak bisa buka blog" nya.. T_____T