Saturday, October 27, 2007



Inisiasi SipiL Angkatan 2007

Sabtu, 1 September 2007, malem.

Malem ini mungkin jadi malem terpanjang n' penuh sejarah banget.. Walau kami ngga membawa jam, n' langit sudah kelihatan gelap banget, tapi diperkirakan jam 9-an ketika kami dikumpulkan di depan tenda. Saat itu kita semua mulai memasuki acara terpenting dari kegiatan ini (walau sebenernya tujuan aslinya adalah membantu warga memasang pipa air bersih..).

Pertama² kami diberi ceramah sedikit oleh ketua Baksos, yang intinya dari pemasangan pipa antar kelompok itu, kita harus berbaur sekarang, kerja sama dengan 1 angkatan. Oleh karena itu, kita disuruh ngebakar pin merah n' pin biru (yang katanya buat poin n' nyawa di baksos.. tapi kok ternyata cuma buat dibakar doank??), bendera kelompok, n' name tag..

Abis itu kita juga dibagi ke kelompok baru. Intinya bukan supaya kita berkelompok² lagi, tapi supaya kita mulai saat itu berbaur sama yang laen. Setelah dikasih waktu sebentar buat kenalan lagi dengan anggota kelompok yang baru, kami diberi senter n' air minum. Kemudian kami diberi instruksi untuk jalan mengikuti tanda² yang telah dipersiapkan untuk mendapatkan sebuah peta. n' kami juga harus membawa ransel kami masing².. Untung aja jaketnya dah dipake dulu, jadi agak ga berat. huhu..

Jalannya, tentu saja bukan jalan datar beraspal, tapi jalan tanah yah disekelilingnya kebun (atau bahkan jurang) yang kadang nanjak banget, kadang turunan. Kita dah kayak hiking gitu lah. Agak jauh juga, karena kelompokku tuh kelompok 3. Sedangkan marka jalan untuk peta kelompok 10 adalah yang paling pertama ditemui.

Pertama sih kita bingung banget. Soalnya peta yang ditemukan cuma sepotong puzzle. Setelah diperiksa tidak ada lagi, maka kita yakin kalo itu puzzle nantinya harus digabung sama kelompok laen untuk menjadi sebuah peta. Maka itu, kita jalan lagi sesuai marka jalan utama. Akhirnya kita sampai ke suatu gazebo gitu. Di sana ada beberapa panitia n' 1 kelompok yang telah sampai.

Kita pun duduk istirahat menunggu kelompok laen. Setelah itu, smua ketua kelompok nyambungin puzzle²nya. Setelah itu, kita disuruh bikin lagu angkatan. Setelah agak lama menunggu, akhirnya beberapa orang yang berdiskusi dapet 1 lagu:

" Kami Sipil Angkatan 2007
Kita di sini datang untuk bersatu
Semangat, semangat 2007
2007.. hanya ada satu!"

Sederhana banget sih dibandingkan lagu² angkatan di atas kami. (lagu²nya jauh lebih panjang dan keren!!) tapi aku suka kok sama nie lagu. soalnya simple, nadanya gampank banget, n' bisa diulang² truz.. ^^

Setelah itu, kami diberi obor, n' instruksi untuk jalan mengikuti gambar di peta tersebut. Aku sih ngga tau gimana gambar petanya, n' gimana cara ikutinnya. Soalnya, pas mulai jalan, aku n' cewe² yang laen jalan agak paling belakang gitu. Truz, kita disuruh jalan sambil nyanyi lagu angkatan berulang kali.. Maka, kami pun menyanyi dgn suara lantang sepanjang jalan yang jauuuuuuuh banget. Akhirnya malah jadi gantian 1x cewe 1x cowo nyanyinya. hehe..

Trus setelah jauh banget, tiba² aja yang di depan pada stop jalan n' berhenti nyanyi. Kita bingung kenapa. Pertama sih kirain dah mo nyampe. Tapi kok terdengar suara seperti perintah dan omelan. Jelas aku dan yang laen yang di belakang ga ngerti ada apaan..

Trus akhirnya kami disuruh jalan pelan² lagi. n' berhenti di satu tempat yang bener² cukup supaya kita ga berbaris panjang ke belakang lagi. ternyata tempat itu adalah lapang kosong yang ada di deket tenda kami itu.

Di sekeliling kami banyak banget panitianya. Ada pula yang swasta (angkatan 2003 ke atas). Truz kita ditanya "Angkatan 2007 ada berapa??" Otomatis kita jawabnya jumlah mahasiswa yang masuk sipil. Tapi trus ditanya gitu, "Apaa??? ga kedengeran!!! Angkatan 2007 ada berapa????" Gitu berulang kali..

Akhirnya ada yang nyadar, kalo kita harusnya jawab "1", karena yang ditanya bukan jumlah mahasiswanya. Abis itu tiba² pada serempak nyanyi lagu angkatannya lagi (sambil lompat² juga, dengan membawa ransel yang ikut lonjak². hehe..). Trus makin lama yang di depan kayak pada maju ngedorong panitia yang di depan (yang ga keliatan oleh ku karena aku paling belakang. huhuh..) Kukira mah kita kayak mau serempak ngelawan panitia, seakan² kita tuh dah kompak n' bisa ngalahin panitia. Tapi sih Kayaknya sih panitia nya yang ngedorong duluan, soalnya abis itu panitia² yang di samping ikut ngedorong.

Alhasil, dorong²an pun dimulai. Kita yang jumlahnya ada sekitar 100 orang, dikelilingin sama panitia yang ngedorong kita ke dalam. Hasilnya, yang di tengah² (kayak aku) jadi tergencet. bener² sadiz banget. kaki tuh dah kayak ga napak. Mau jatuh pun ga bisa jatuh. huhuhu.. Pokoknya rame banget de. hehe..

Tiba² mulai ada penculikan. yang diculik sih pertamanya cewe. trus yang nyulik n' sekitarnya pada bilang "Wooi temen u ada yang diambil tuh!! Ditolong doonk!! Katanya 1???!!" wah pokoknya rame banget dee.. So, kita langsung pada pegangan tangan. bener² pegangan, apalagi kalo ada yang ditarik.. yang mo nyulik 1, yang ngehalangin berjibun. hahaha.. tapi tetep aja susah.. karena kita pun sambil didorong². huhu..

Akhirnya kita bener² terdesak n' otomatis bikin lingkaran di sekitar kayu² bakar. ntah aku juga ga jelas kenapa kami tiba² bisa jadi bikin lingkaran gitu, n' ada lingkaran kecil di tengahnya karena ada ketua HMJS (Himpunan Mahasiswa Jurusan Sipil) n' kayu bakar buat api unggun. Mungkin kalo dari langit kita keliatan kayak angka 0 kali yah. hehe..

Trus cewe² yang terdesak ke tengah pun akhirnya malah jadi masuk ke lingkaran kecil itu. trus dijagain sama cowo² yang pada bikin kayak pagar. bener² jadi free gitu cewenya. hehehe.. (kalo ada yang cuma nonton, mungkin pada keliatan keren. hehe..) Tapi ga lama kemudian pada mulai terdesak makin dalam lagi, jadi yah cewe²nya juga ampir kedorong lagi.. Ampir bener² deket sama kayu bakar jadinya. huhuh..

Tapi untungnya abis itu ada yang triak "Stop! udah2" gitu².. n' panitia pun mulai ga dorong² lagi.. Trus sama ketua HMJS kita disuruh bikin lingkaran gedeeeeeeee banget supaya kita smua bisa masuk pas di dalam lingkaran yang mengelilingi api unggun tuh.

Setelah sekian lama cuma buat ngatur supaya pada muat duduk sebaris lingkaran, ketua HMJS pun mulai mengangkat suara. "Sekarang jam 12 lewat (lupa brp menit), tanggal 2 September 2007. Dengan ini kami HMJS menyatakan bahwa kalian resmi menjadi mahasiswa sipil angkatan 2007."

Sunyi..... kita smua pada shock. ga nyangka secepat itu kita bakal ditrima menjadi masyarakat sipil.. setelah beberapa detik, kita baru mulai pandang²an n' akhirnya tersenyum.. trus baru sorak².. (Sampe setelah pulang dari baksos tuh aku ditanya swasta, "Kalian sebenernya suka ga sih sama acara yang dibikin kmrn pas baksos?" aku jawab "he eh. napa gitu?". Trus dia bilang "Abisnya pas dibilang kalian diterima, kok kayaknya pada diem gitu..". yah aku jawab aja, "Abisnya shock sih. hehe..")

Abis itu masing² ketua angkatan pun ngasih pidato singkat.. Angkatan 2005 n' 2003 pun nyanyiin lagu angkatan mereka yang keren² itu.. ^^

Truz kita pun pesta api unggun.. yaitu ngebakar kambing guling. hmm.. karena bener² 'alam' banget, kita pada ngambil n' makannya langsung pake tangan. Malah ada 1 temenku, disuruh sama swasta, keliling buat nyikatin gigi 1 angkatan pake daging kambing yang sama. yaikz!

Tapi ada juga yang lucu. tiba² tuh ada yg triak², "LOgistiiiik!!!" nah kita dah pada khawatir aja, soalnya siangnya swasta triak manggil logistik trus yang datengnya lama banget. Setelah berkhawatir ria, tiba² yang triak tuh bilang lagi, "Logistiik! Matiin AC nya doonk!" (karena pas itu khan malem, jadi mulai dingin banget) hahahahaha..

Abis ngebugilin ketua panitia (yang alhasil juga kena cium dari temenku yang bibirnya maju kayak gurita), kita balik ke tenda. kebanyakan sih pada langsung tidur. coz dah tepar smua.. tapi ada juga yang ngga tidur, malah ngobrol di depan tenda.

Paginya, kita bahkan ngga dibangunin. ternyata soalnya panitia nya pada mabuk. Astagaa.. Kita bener² ga ngapa²in sampe matahari dah semangat nongol.. Malah tiba² ada tukang es cendol yang dateng, trus pada beli smua tuh es cendol.. (aih.. lariz maniz yah mas? :P )

Truz abis itu kita sempet dateng ke pemukiman penduduk lagi, untuk melihat apakah air nya nyampe dari bendungan ke kran air yang telah dipasang di deket rumah penduduk. ternyata berhasil keluar.. ^^

Abis itu kita balik ke tenda.. siap²in ransel dan sebagainya, trus nunggu troton dateng. sambil nunggu, swasta pada iseng manggil² anak² yang dah dikasi nama laen yang kalo dipanggil, mesti bergaya n' ngomong sesuai yang dikasi tau.

Yang paling lucu tuh temenku, yang dipanggil Bejo (yang bakal jadi ketua angkatanku). Nah tuh swasta triak, "Bejooo!" n' si Bejo mesti langsung berdiri n' gaya hormat trus ngomong, "Siap! Saya Bejo anggota BBB, Bukan Binatang Biasa! Laporan Selesai!"
Nah, tapi bukan cuma itu doank, si Bejo mesti nongol dari tempat² yang ga keliatan. biar lebih seru gitu maksudnya. nah si Bejo nie, sampe sempet munculnya tuh di belakang banget, ampir di balik gunung kali. hahahahaha.. yang paling lucu, pas dipanggil, "Bejooo!!" trus tiba² dia berdiri dari bawah troton tempat tuh swasta pada ngumpul n' lgsg triak. swasta yang di ujung² pintu troton sampe pada lompat ke belakang karena kaget. hahahahahahahaha..

Abis itu kita mesti jalan jauh lagi ke jalan utama untuk naek ke troton. setelah sampai di Unpar, ketua HMJS kasi pidato lagi, n' memakaikan jaket HMJS ke salah 1 perwakilan dari kami sebagai lambang kalo kita ditrima jadi masyarakat sipil. Eh tiba² dari samping (n' pas banget aku ada di samping luar!) kami diguyur air.. yang ga jelas air apa.. antara air kencing, air got, mie, n' cacing.. yaikz.. bener² sial banget aku di pinggir. hikz.. Hasilnya, isi di dalam ranselku pun bau smua. hikz..

Setelah itu, kita dikasi liat bahwa larangan buat masuk ke ruang HMJS telah dihilangkan. jadi kita boleh masuk ke ruang HMJS kapan aja buat ngapain aja.. Abis itu kita pulang. banyak sih yang belum pulang.. soalnya.. banyak barang yang masih ga ketemu, kayak ember, petromax, dll yang dipakenya bukan buat pribadi.

Pokoknya setelah dari baksos ini agak kacau banget. soalnya barang² pinjaman kayak petromax, sleeping bag, kupluk, n' sarung tangan tuh banyak yang ilang. Jadi khan mesti ganti rugi.. huhuh..

Tapi penerimaan ini pun sebenernya masi tahap Inisiasi.. trus katanya masi ada kompaksi dan apa gitu. yang artinya, sebenernya kita ga bole berleha² dulu. coz kita sebenernya belum sepenuhnya ditrima sama angkatan atas, terutama HMJS.. huhu..


Yah tapi pokoknya.. walo banyak menderitanya (dari uang sampe badan capek banget), tapi asli seru banget. n' ga nyesel aku ikut.. ^o^


5 Comments:

Post a Comment




.:: Profile ::.

Hi².. Met dtg di blog ku.. ^-^


Name : Verena Felicia
Nick name : FeliZ, SatoNa
Age : 18 years old
Zodiac : Aquariuz
Fam : Grandma, Dad, Mom, Sis, Bro
Hobby : stay in front of comp !!
Games : Ragnarok n' Ayo Dance
Location : Jakarta
MSN : daiskinaki_satona@hotmail.com

Makacie yah dah mo ngunjungin blog ku.. Moga² ga bosen bacanya.. ^-^


.:: Previous Posts ::.





.:: Archive ::.




.:: My Prendz ::.





Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x



Voyage.mp3








.:: Links ::.

My Friendster..
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket





.:: Créditos ::.


Todos os direitos
reservados ©
___________