Monday, October 22, 2007



Bursa Informasi SipiL

Kali ini, aku pengen ngelanjutin cerita masa² OSPEK-ku kemarin ‘ OSGAB ‘ yang tertunda..

Setelah penutupan Ospek Gabungan selesai, kita dipanggil sesuai jurusan masing². Pas jurusanku, Sipil, dipanggil, terdengar bunyi sirene di salah satu sudut.. truz kita ngumpul ke arah sirene itu, kita disuruh jalan satu-satu n’ nunduk.. Kita dibawa ke satu ruangan gede di gedung sipil lantai 3. sepanjang jalan, seperti kemarin2 gitu, ada panitia yang berdiri dengan selang 2-3 langkah..

Kemudian di ruangan itu kita disuruh duduk, tapi tetep nunduk. Trus lampunya dipadamin. Tiba² ada suara yang ngebacain peraturan BIS, Bursa Informasi Sipil. BIS ini yah mungkin mirip² sama OSPEK gitu kali.. Trus tiba² mereka (panitia) nyanyi dengan suara keras banget. Bener² mekakin telinga de.. trus yang kaget mah, mereka tiba² hentakin kaki gitu, sampe lantainya tuh bergetar gitu.. Kita tuh bener² berasa dikurung banget, bener² cuma bisa pasrah.. Tapi aku akuin sih keren abiiz.. hehehe..

Abis itu kita dipanggilin satu² buat masuk ke kelompok. NPM (kalo di sipil bilangnya NRP) nya diacak gitu.. Abis itu kita dibawa ke suatu ruangan, n’ di situ kita dibolehin nyantai. Dalam 1 ruangan itu cuma ada 2 kelompok plus 4 panitia. Ternyata mereka adalah mentor kelompok kita, tiap kelompok dapet 2 orang mentor, cewe n’ cowo. Di ruangan ini, kita nentuin siapa ketua kelompoknya, mesti cewe, n’ hoki banget bukan aku, karena yang dipilih itu cewe lain dalam kelompokku (kita cuma berdua cewenya. Huhu..). Abis itu kita diajarin nyanyi mars sipil, lagu yang tadi dinyanyiin panitia di ruangan gede itu. Trus kita kenalan juga sama mentornya. Mentornya bae², beneran bertolak belakang banget sama di dalam ruangan gede itu.. Mungkin mental kita bener² di up n’ down in sama mereka.. huhu..

Trus kita dikenalin juga sama HMJS. HMJS tuh singkatan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Sipil. Mereka smua pake jaket warna biru dengan lambang sipil. Jaketnya sih ngga terlalu keren menurutku.. tapi katanya itu jaket cuma anggota himpunan doank yang punya.. trus itu jaketnya bisa dipake bolak balik n’ tahan air ujan.. trus juga punya makna² gitu (belum dikasi tau sih sampe sekarang).. yah.. pokoknya makna nya tuh yang bikin ni jaket jadi keren banget.. ukh.. jadi kepengen dee.. :P

Eh.. back to HMJS.. nah.. mereka abis itu memperkenalkan diri masing². Tapi yang nyebelin, ada ketua pembinaan, pas waktu dah mo bubar, dia bilang, “Kalian di sini cuma tamu! Cam-kan itu!” iiih.. sebel de.. :(

Abis itu, kita juga diajarin supaya pas jalan nunduk n’ ngelewatin panitia² itu, kita harus bilang “misi kak”. Abis itu kita dibolehin pulang. Di depan gedung sipil tuh ada lapangan parkir mobil.. n’ gak jauh dari gedung sipil ada portal gitu. N’ kita pas keluar dari gedung sipil, mesti tetep nunduk n’ bilang “misi kak” sampe batas portal itu (maksudnya panitia trakhir yang berdiri ada di portal sono..) n’ yang nyebelin, mereka suruh “cepet, cepet, cepet!” khan jadi susah bilang “misi kak” nya.. huhuhu..

Abis itu kita langsung beli² barang buat bikin tugas yang dikasi. Ada banyak ternyata tugasnya.. dari bikin pin BIS n’ buku BIS nya. Jangan kira itu gampang.. karena bentuknya susah banget.. n’ kalo ngga pas, bisa gagal. N’ itulah nasib kelompokku.. Beberapa bagian pas dipotong salah ukuran dikit.. jadi gak pas sama bagian² yang lainnya.. n’ hasilnya jadi ancur.. Trus kita disuruh cari tau juga arti dari pin itu.. n’ ternyata dari setiap bagiannya n’ warna nya punya arti lhoo..

Ini pin terakhir yang dibikin setelah 3x ngulang:






Dah gitu, buku BIS nya, 108 halaman harus tulis sendiri.. Kebayang khan gimana capeknya nulis..  Buku BIS ini gunanya buat minta tanda tangan semua mahasiswa di jurusan sipil..

Trus kita juga disuruh bikin pin merah dan pin biru. Pertamanya kita gak tau guna nya apa.. yang pasti kita disuruh bikin banyak gitu. Tapi saying skrg itu pin udah ngga ada, jadi ga ada fotonya de. Huhuh.. makanya, karena kerjaan yang sebenernya cuma dikit tapi susahnya itu.. ampir tiap hari kita kerja kelompok sampe malam.. bahkan bergadang buat nyelesain buku BIS itu..


Minggu, 19 Agustus, pagi² kita disuruh pake baju training. Kita disuruh lari ngelilingin UNPAR per kelompok. N’ sebelum lari, kita diajarin nyanyi sebuah lagu: “Heiii.. Sipil paling maco.. yang lainnyaa, loyo.”

Nah kita harus nyanyiin tuh lagu sambil lari.. keren sih.. kita langsung jadi pusat perhatian mahasiswa² baru fakultas laen.. hehe.. Trus, katanya sih, kalo dulu lebih parah lagunya.. Misalnya kalo lagi lewatin fakultas ekonomi, ‘yang lainnya’ diganti jadi ekonomi.. hehe..

Abis itu kita sempet dikasi games, kayak bikin bangunan dari sedotan n’ bakal di test dengan ditumpuk koin. Truz lomba yel² dll.. Dari games² gituan, yang menang dikasi pin biru, n’ yang paling kalah dikasi pin merah. Pokoknya kita seperti dipaksa buat bersaing dengan kelompok laen supaya kita kompak antar anggota kelompok..

Kita juga dikenalin sama masyarakat sipil.. Kita dikenalin sama ketua angkatan 2001-2006. Juga ada alumni yang ngasih sambutan serta nasehat² gitu buat kita..

Trus kita juga diwajibin ngapalin nama n’ NRP anggota kelompok kita masing². Kalo buat aku sih masi termasuk gampang, soalnya ntah kenapa dari dulu otakku lebih bisa ngapalin angka daripada huruf. Hehe.. n’ kata mentorku, cuma sipil yang bisa ngapalin nama² angkatannya masing² urut dari NRP 001 sampe abis. Keren khan.. hehe..


Hari Senin-nya kita dah mulai kuliah. dosen²nya sih.. mayan enak, walo kadang ada yang sedikit nyebelin juga. huhu.. Trus ada juga dosenku yang cacat.. kakinya kecil banget gitu, jadi gak bisa nopang tubuhnya. jadi dia jalannya pake tongkat. Kasian banget de.. di gedung sipil ni cuma ada 3 lantai, jadi pake tangga doank.. n’ kelas² buat kuliah adanya di lantai 2 dan 3. jadi dia harus dengan susah payah naek turun tangga.. :(

Untung aja BIS cuma berlangsung dari hari Sabtu, 18 Agustus sampe Minggu, 26 Agustus.. Soalnya kalo tahun² sebelumnya tuh BIS nya 1 tahun gitu.. tapi kita juga gak tau gimana kelanjutannya. soalnya denger² sih bakal sering diadain ‘ospek ilegal’ yang pemberitahuannya lewat sms gitu..

Nah trus selama selang antara hari Senin, 20 Agustus sampai 26 Agustus, BIS diadain 2x, yaitu Selasa dan Kamis. Yah seperti biasa, ada sesi tegang dan sesi games. Sesi tegangnya lebi banyak sih.. Apalagi soalnya kita tuh tugas²nya masi blm selesai.. Trus juga khan disuruh tanda tangan 100% angkatan 2007, kordiv²nya HMJS dan panitia BIS, ketua angkatan 2001-2006, dan 10-20 mahasiswa masing² angkatan 2001-2006. Susah banget de.. Soalnya buat minta ke kordiv² n’ ketua angkatan tuh mesti bikin janji wawancara dulu n’ ada aturannya. Misalnya mau tanda tangannya angkatan 2003, maka harus punya tanda tangannya ketua angkatannya dulu, n’ buat tanda tangan ketua angkatannya, kita mesti dapetin tanda tangan ketua angkatan 2004, n’ juga harus sosialisasi dulu sama mereka.. So, ga mungkin khan dalam seminggu gitu kita bisa dapetin segitu banyaknya tanda tangan? :(

Kita tuh disuruh sosialisasi gitu sama masyarakat sipil, terutama sama swasta²nya (mahasiswa yang 4 tahun ke atas bedanya dari angkatan terbaru).. tapi swasta tuh suka iseng banget. kalo ke cewe sih mereka bae banget. tapi kalo cowo, sering dikerjain gitu. Kita juga sering di tes mentalnya sama swasta.. Mereka mau kita kompak, ngejaga banget hasil kerja keras kita, n’ kenal smua mahasiswa sipil.. ^^

Yah pokoknya aku paling seneng pas hari terakhir BIS, tgl 26 Agustus. Pertamanya kita disuruh lari kelilingin luarnya Unpar. Capek banget, soalnya ada tanjakan yang curam banget gitu.. trus kita juga sempet dibawa ke suatu tempat, di sono kordiv persidangan smua, n’ kita dimarah² n’ disuruh push up gitu.. huhu..

Acara kali ini lebih seru, ada cabaret n’ pemilihan Queen n’ King. Pertama pemilihan Queen n’ King. Cowo haru jadi Queen, n’ cewe jadi King. Aku terpaksa jadi King-nya gara² cewe grupku yang harusnya jadi ketua grup tuh ga dateng. Huhu.. n’ yang paling parahnya, dia tuh bagian bawain baju buat Queen nya. Akibatnya, Queen kelompokku bener² ga ada persiapan apa². Untung aku bawa bando n’ lipgross buat jaga².. huhuhuh..

Yang menang tuh kelompok laen sih.. tapi emank salut de sama Queennya. Haha.. yang jadi Queen nya tuh cowo yang agak pendek, n’ badannya emank agak kyk cewe gitu.. trus dia bener² dikasi rambut palsu pirang panjang, plus baju Sabrina n’ rok renda² yang ampir semata kaki.. trus bibirnya yg emank maju banget tuh bener² dikasi lipstick yang merah maron banget. Hahaha.. bener² mirip banci de. Hahahaha.. apalagi gayanya bener² dibikin eksotis banget. Hahaha..

Abis itu kita kabaret an.. Kelompokku bercerita tentang O.B. Tapi bukan Office Boy, melainkan Ospek Boy. hehe.. jadi kita niruin pemain² seperti Shasha, Pak Taka, dll. Aku jadi Shasha nya. ceritanya kita lagi milih calon buat Office Boy gitu. hehe.. Kelompokku ga menang sih.. Soalnya banyak kelompok² laen yang lebih bagus..

Tapi akibat dari kabaret tuh, aku kadang suka diledekin "Shasha, Shasha.." hueeee.. bahkan kadang yang ngeledekin aku ga kenal. -__-a

Abis itu kita penutupan BIS. Penutupan ini diisi dengan penerimaan kami, angkatan 2007 oleh 2006 sebagai penyelenggara BIS dan skrg dianggap sebagai kakak terdekat.. ^^

Abis itu kita dipindahtangankan kepada Pembinaan. Pembinaan ini diselenggarakan HMJS, yang anggota intinya adalah 2005. Trus saat itu, kita langsung dibacain barang² yang harus dibeli n' dikumpulkan buat acara Baksos (Bakti Sosial)..

So, hari² kita selanjutnya diisi dengan kelabakan beli barang n' cari penyewaan buat barang² keperluan kemping.. serta.. pengurasan biaya gede²an dari dompet masing².. T_________T


6 Comments:

Post a Comment




.:: Profile ::.

Hi².. Met dtg di blog ku.. ^-^


Name : Verena Felicia
Nick name : FeliZ, SatoNa
Age : 18 years old
Zodiac : Aquariuz
Fam : Grandma, Dad, Mom, Sis, Bro
Hobby : stay in front of comp !!
Games : Ragnarok n' Ayo Dance
Location : Jakarta
MSN : daiskinaki_satona@hotmail.com

Makacie yah dah mo ngunjungin blog ku.. Moga² ga bosen bacanya.. ^-^


.:: Previous Posts ::.





.:: Archive ::.




.:: My Prendz ::.





Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x



Voyage.mp3








.:: Links ::.

My Friendster..
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket





.:: Créditos ::.


Todos os direitos
reservados ©
___________