Wednesday, October 24, 2007



BakSos

Jumat, 31 Agustus 2007, Sore..

Kira² jam 3 an sore, kita dikumpulin di depan lobby untuk siap² pergi. Acara Bakti social (Baksos) ini diadakan di daerah Ciwidey, Jawa Barat. Misi kita dan masyarakat sipil laennya adalah membuat saluran air bersih di desa *lupa nama desanya* di Ciwidey ini. Soalnya warga desa tersebut mengambil air bersih ke mata air yang jauhnya berkilo² dari perumahan di desa tersebut. N’ yang bakal ke sana bukan cuma calon angkatan 2007 doank, tapi juga seluruh masyarakat sipil yang terdiri dari alumni, swasta (angkatan 2003 ke atas), dan panitia (angkatan 2004-2006). Dosen pun ada yang ikut, untuk membantu mengecek pembuatan saluran tersebut sekaligus menjaga supaya tidak ada perpeloncoan..

Tapi berhubung kita masih ada kuliah dari pukul 13.00 – 16.00, walaupun pukul 15.00 dah dibolehkan diberhentikan kuliahnya (karena dah dapat izin untuk acara baksos ini), jadinya kita banyak yang telat. Apalagi kita bingung banget dengan tas² yang abis kuliah ini. Karena itu semua ga bole dibawa. Untungnya, temenku (cewe) yang jadi ketua kelompok sewaktu BIS terdahulu tidak diperbolehkan ikut oleh medical check-up, jadinya kita nitip barang² ke dia.. Ketua kelompok sekarang diganti jadi cowok..

Mulai sekarang aku dah ga tau itu jam berapa. Soalnya kita dilarang bawa jam, HP, dll. Bawaan kita cuma ransel gede berisi 2 jaket, baju ganti, sabun, sikat gigi, dan minuman. Trus setelah smua lengkap, kita naik ke troton. Di troton kita pertamanya semangat. Becanda², nyanyi² lagu kelompok dan yel², sampe ngegodain orang² yang lagi tidur. Eh tapi akhirnya mereka juga agak kecapean n’ diem smua, bahkan ada yang menyusul tidur. Hehe..

Akhirnya langit pun berubah jadi hitam.. n’ udara mulai semakin dingin. Mungkin kira² sekitar jam 6-7an kita sampe ke daerah itu. Tapi kita masi harus jalan jauh..Dengan hanya berbekal senter, kita jalan berbaris 1-1 mengikuti yang paling depan.

Setelah berjalan jauh, akhirnya kita sampe di tempat yang dituju.. sebuah dataran hijau (keliatan gitu kalo malem? :P ) yang agak berbukit. Di sono dah dibangun beberapa tenda² yang letaknya tak beraturan.. Soalnya ternyata tenda kita (2007) dengan tenda panitia, dan dengan tenda swasta dan alumni itu jaraknya sengaja dibikin jauh gitu.

Setelah sampe ke dataran kosong (alias ga dibikin tenda di situ), kita dibacain peraturan selama Baksos ini. Abis itu kita langsung ke bagian sesi Rohani.. Ini sebenernya dikhususkan buat yang Muslim, jadi buat yang agama laen, kita cuma nyanyi² n pada ke wc.

Aku pun ikut ke wc nya. Tapi ngantri banget boo.. Dah gitu.. ternyata wc nya tuh ga ada klosetnya! Cuma tanah biasa doank, yang air bersihnya dari pipa langsung ngucur trus gitu.. hue.. mo buang air pun susah.. kecipratan gitu jadinya.. Apalagi kalo mo buang air besar.. ada 1 kabin khusus. Tapi tuh susah banget.. apalagi kalo malem khan gelap gitu..

Abis sesi rohani, trus kita makan. Abis itu kita langsung dikasi tugas. Yang cewe nyediain alas di dalam tenda buat tidur. Sedangkan yang cowo menggali di pinggir tenda buat drainase. Kasian juga yang cowo itu.. dah kedinginan, cangkulnya cuma ada beberapa, jadi sisanya mesti ngegali pake tangan..

Abis itu setelah dikumpulin lagi sebentar, kita langsung disuruh tidur, ga bole ada komunikasi di dalam tenda. Sempet sih dikasi ke wc.. tapi dah males banget buat sikat gigi.. secara wc nya begitu.. huhu.. tidur di tenda pun susah banget. 1 tenda itu untuk 5 kelompok, yang kira² terdiri dari 10 orang. Sedangkan kelompokku ada 13 orang, karena yang ngga ikut cuma 1 orang. Aku jadi cewe sendiri di kelompokku. Nah, alas tidurnya itu khan cuma kardus yang dikasi alas ponco (jas ujan). Tapi kardus kita tuh ga ada yang cukup buat 1 kelompok. Jadinya kasian yang tidurnya dipinggir, ga dapet alas. Dah gitu kita tidurnya di sleeping bag gitu. Nah cewe mesti tidur di tengah.. huhu.. banyak cerita sih saat tidur ni.. krn supaya smua kebagian alas kardusnya, kita tuh sampe pada tidurnya miring (kalo aku ga usah. Hoho..) tapi ada 1 temenku yang gendut, dia bobonya ga miring, jadi makan tempat bangeeet!

Sabtu, 1 September 2007

Paginya kita langsung dibangunin dengan sirene dan senter yang diarahin ke dalam tenda.. Kita bangun pun ga bisa bermalas-malasan karena kita disuruh secepetnya ngelipet tuh ponco² buat dimasukin ke dalam ransel. Padahal tuh langit masih gelap.. Kita langsung disuruh ke daratan kosong yang bekas tempat kumpul kemarin malam. Setelah olaharaga pagi dan makan pagi, kita diajak jalan (agak jauh) ke sebuah lapangan sepak bola yang gede. Dari situ setiap kelompok dikasi tau mentor proyeknya. Trus kita jalan sedikit mendaki gunung, dan sampai pada spot² yang telah disiapkan untuk masing² kelompok. Di sono dah terdapat pipa² yang belum disambung. Proyek kita yah cuma ngeamplas pipanya, dikasi lem, trus disambungin. Cuma gat au kenapa, ini acara lama banget. Padahal kerjanya yah cuma gitu doank. Jadi kita malah kebanyakan nunggunya.. trus kita disuruh turun ke lapangan sepak bola lagi buat makan siang.

Setelah makan siang, kita naek lagi ke spot masing². Kali ini kita nyambungin pipa antar kelompok. Maknanya tuh supaya kita tuh sekarang berbaur sama kelompok laen gitu. Setelah itu kita nunggu lama lagi. Ga tau pada ngapain gitu panitianya.

Ternyata kita tuh lama nunggunya, karena kita bakal disuruh mendaki jauh. Mungkin bisa dinamakan ‘killing field’. Setelah mendaki jauh n’ jalanannya pun berbatu smua, kita tuh dihadapkan sama kordiv persidangan lagi. Untungnya cewe bener² ga diapa²in. tapi cowonya yang ditanya trus dan agak ditakut²in gitu.. Akhirnya kita diperbolehkan jalan lagi.. jalan jauh lagi. Huhu.. trus sisanya kita nunggu aja di lapangan sepak bola. Kita sampe pada tidur²an gak jelas..

Abis itu setelah smua kelompok balik dari killing field, kita balik ke daratan kosong deket tenda itu. Di sana kita makan malem. Pokoknya kita sama sekali gak dikasi waktu buat mandi.. atopun ganti baju.. bener² jorok banget de. Rambut pun dah lepek banget karena kejemur matahari n’ ditutupin topi mulu.. huhu..

Nah setelah makan malem nih adalah bagian paling seru nya. Tapi berhubung postinganku kepanjangan (bangeeet) jadinya aku cerita sampe sini dulu de.. hehe.. thx yah buat yang dah baca n’ kasi komen.. ^^



6 Comments:

Post a Comment




.:: Profile ::.

Hi².. Met dtg di blog ku.. ^-^


Name : Verena Felicia
Nick name : FeliZ, SatoNa
Age : 18 years old
Zodiac : Aquariuz
Fam : Grandma, Dad, Mom, Sis, Bro
Hobby : stay in front of comp !!
Games : Ragnarok n' Ayo Dance
Location : Jakarta
MSN : daiskinaki_satona@hotmail.com

Makacie yah dah mo ngunjungin blog ku.. Moga² ga bosen bacanya.. ^-^


.:: Previous Posts ::.





.:: Archive ::.




.:: My Prendz ::.





Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x



Voyage.mp3








.:: Links ::.

My Friendster..
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket





.:: Créditos ::.


Todos os direitos
reservados ©
___________